Bahasa Rusia - bahasa yang unik!

Привет всем!

Untuk kalian yang suka nonton serial kartun Masha and The Bear atau pecinta game online, mungkin tau itu bahasa apa. Hurufnya yang asing dan aneh. Bahasa apalagi kalau bukan bahasa dari negeri beruang itu sendiri? 
Iya. Itu adalah Bahasa Rusia. 
Bahasa ini sering dijuluki salah satu bahasa tersulit di dunia. Kenapa? Yaa.. coba aja baca dua kata pertama di paling awal. Mungkin dari kalian ada yang baca "Npnbet bsem". 
Coba deh baca satu kata lagi. Ресторан. Mungkin kalian akan baca jadi "Pektopah", iya kan....?
Lagi deh. Маша и Медведь. Jadi apa tuh?

***

Tahun 2016 lalu, aku berangkat ke Rusia bisa dibilang hanya dengan modal nekat. Aku cuma tau 0,00001% bahasa Rusia. Sebelumnya, aku sama sekali nggak pernah ambil course/private bahasa Rusia. Beberapa hari sebelum berangkat, aku coba searching video pembelajaran bahasa Rusia di Youtube. Aku mencoba untuk menghafalkan 33 huruf Rusia dan cara menulisnya. Alhasil.. aku tak kunjung hafal dan bingung bagaimana cara menulis huruf-huruf yang aneh itu. Percayalah huruf rusia yang ditulis tangan dan diketik itu berbeda! Berakhirlah hari itu dengan rasa cemas.

Sesampai di Rusia. Aku berusaha memahami apa yang sedang orang-orang bicarakan, aku berusaha memahami tulisan-tulisan yang ada di jalanan. Semuanya asing. Aku layaknya bayi yang tidak tau baca tulis. Aku merasa seperti sedang dikerumuni oleh penghuni planet lain. Sungguh! #lebay

*** 

Kenapa bahasa ini begitu sulit?

1. Sesuai yang sudah aku ceritain di atas, alfabetnya yang asing (alfabet kiril) dan cara membacanya yang mirip. Misalnya "Ш" (Sh) dan "Щ" (Syh), "И" (i) dan "Ы" (eui = kaya baca "teuing" dalam bahasa sunda), ditambah lagi beberapa huruf yang di tempat tertentu akan berubah cara membacanya menjadi lebih tipis atau lebih tebal. 

2. Kata kerja dalam bahasa Rusia itu banyak yang sulit. Apalagi kata kerja gerak. Misalnya kalau dalam bahasa sunda jatuh itu ada tiseureuleu, tigebrus, tisoledat, titajong, dll. Tergantung jatuhnya gimana. Artinya apa tuh, Pris? Tanyo wong sunda ye, aing kaga ngertos #versimultibahasa.  Sama kaya bahasa Rusia, pergi dengan jalan kaki, dengan mobil, dengan sepeda, dengan sepatu roda, dengan naik kuda, semua berbeda. Belum lagi perubahan kata kerja sesuai subjek. Iya, seperti bahasa Arab. Gak tau juga? .... Sama.

3. Dalam bahasa rusia tuh banyak kasusnya. 
Kasus? Iya, kasus. Kasus poligami, hoax, dua periode. Eh. Salah.
Maksudnya kasus-kasus dalam penggunaan bahasanya. Ada 6 kasus yang harus dihafal. Misalnya ketika benda menjadi instrumen, ketika benda menjadi objek, atau ketika menyebutkan nama dari benda. Bingungkan? Iya, saya juga bingung.

Jadi bagaimana kak Priska bisa lancar bahasa Rusia? #Ciyeelah bangga nih gue.

Sebelum mulai kuliah, aku harus ikut preparation course dulu. Nah disitulah aku belajar cara menulis, cara membaca, percakapan sehari-hari, bahasa dalam ilmu pengetahuan, seperti, matematika, fisika, kimia. Semuanya dipelajari secara intensif dari senin sampai sabtu dan dari pagi sampai sore selama 10 bulan. Kebayang nggak? Belajar bahasa Rusia langsung di negaranya, langsung sama masyarakatnya, langsung dari dosennya yang orang Rusia juga dan tidak bisa bahasa Indonesia maupun Inggris.

Berkat 10 bulan itulah aku bisa hidup ditengah warga kampung sini. Yah.. Walaupun ketika masuk kuliah hari pertama aku bengong dan melongo di kelas, karena kecepatan pembelajaran dari dosen yang diatas rata-rata. Seiring berjalannya waktu, syukurnya aku masih bisa mengikuti arus ombak yang begitu cepat, keras, dan tajam #apasih.

Bonus:
http://iie.tpu.ru/ru/1_departmentPO_best.php
https://za-kadry.tpu.ru/article/1061/9811.htm
Alhamdulillah aku menjadi salah satu lulusan terbaik di preparation course di Tomsk Polytechnic University :)

Kamus:
Привет всем! (Privet vsem) = Halo semua!
Ресторан (Restaran) = Restoran
Маша и Медведь (Masha i medved) Masha and The Bear

Comments

Post a Comment

Popular Posts